Pages

Jumat, 15 April 2011

Manfaat BUAH DURIAN dan Cara Membuat Obat Anti Nyamuk



Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini? Buah durian (Durio zibethinus) terkenal dengan kelezatannya. Sampai-sampai penghobi berat buah ini bisa mabuk kepayang dibuatnya. Dibalik kelezatannya, durian juga memberikan manfaat lain. Aroma buah durian yang khas dan menyengat ini ternyata mampu mengusir dan melumpuhkan nyamuk. Hal ini telah terbukti secara ilmiah yang telah diteliti olehLembaga Pengkajian Ilmiah (LPI) Bina Bangsa Jombang, Jawa Timur yang membuktikan bahwa aroma durian dapat digunakan sebagai obat alternatif pengusir nyamuk yang aman dan ramah lingkungan.
Penelitian ini bertitik tolak dari asumsi bahwa nyamuk sangat takut dengan sumber bebauan yang menyengat, seperti bau kulit jeruk, bunga lavender, atau bunga rosemary. Seperti buah durian yang mempunyai bau menyengat, disebabkan karena di dalam buah durian terdapat kandungan minyak atsiri dan alkohol. Kandungan alkohol yang terdapat dalam buah durian inilah yang membuat nyamuk tidak menyukai baunya.
Untuk mencapai hasil yang optimal, peneliti terus melakukan uji coba untuk menemukan formula yang tepat, sehingga dapat efektif mengusir nyamuk. Caranya dengan pemberian kadar alkohol ke dalam larutan buah durian yang telah dibuat.
Langkah dan Cara Pembuatan Dari Proses Penelitian
  1. Buah durian dicincang hingga menjadi potongan kecil-kecil. Potongan kulit ditimbang 100 gr ditambah daging buah durian 50 gr, lalu dihaluskan dengan blender.
  2. Tambah pelarut dengan alkohol 70% sebanyak 25 mililiter dan air 100 mililiter.
  3. Larutan yang diperoleh  kemudian diperas dengan menggunakan kain ayakan.
  4. Bekas obat nyamuk elektrik dicelupkan ke dalam larutan tadi selama lebih kurang 5 menit, lalu diangkat dan dijemur selama 1 sampai 3 jam, atau tampak kering, sehingga obat nyamuk itu bisa digunakan.
Ujicoba Penelitian
Ujicoba dilakukan terhadap 20 ekor nyamuk yang ditaruh dalam ruangan tertutup rapat dengan kelambu dan ditengah ruangan itu dipsang obat naymuk tersebut . Ujicoba dengan interval waktu yang berbeda : 15-30 menit, 30-45 menit, 45-60 menit dan 120-240 menit.
Hasil Pengamatan
Dari hasil pengamatan diketahui :
  • Sebelum mencapai 15 menit dari pemasangan obat nyamuk, semua nyamuk menjauh dan menepi.
  • Menjelang menit ke 45-60 hingga menit ke 120-240, nyamuk mulai berjatuhan dan akhirnya mati.
Dari hasil penelitian dan pengamatan tersebut menunjukkan bahwa larutan dalam buah durian ternyata ampuh mengusir dan membasmi nyamuk.
Perilaku nyamuk yang menjauh dari obat nyamuk disebabkan karena buah dan kulit durian mengandung minyak atsiri yang sangat menyengat dan tidak disukai oleh nyamuk. Efek minyak atsiri buah durian tersebut bisa mempengaruhi syaraf nyamuk, akibatnya nyamuk mengalami kelabilan. Kondisi nyamuk yang labil diketahui ketika dilakukan penyentuhan dengan alat pensil. Pada ujicoba menit ke 30-45 menunjukkan bahwa ketika nyamuk disentuh nyamuk tidak langsung terbang, dan baru terbang beberapa saat kemudian, tetapi setelah itu nyamuk jatuh dan mati.
Ternyata masih ada upaya untuk membasmi nyamuk secara alami,  sehat yang berarti kita tidak perlu khawatir dengan efek samping/ dampak buruk yang ditimbulkan dengan adanya residu yang berbahaya. Selain itu juga obat anti nyamuk hasil penelitian anak-anak siswi SMU di Jombang Jawa Timur ini lebih efektif, efisien dan ramah lingkungan, juga ramah di kantong alias murah  dibanding dengan obat nyamuk elektrik buatan pabrik. Jadi kenapa kita tidak mencobanya mulai sekarang? 

1 komentar:

  1. lumayan juga sih bisa hemat pengeluaran , n nggak beli Hit obat nyamuk lagi.. thanks kak buat tipsnya..

    BalasHapus

Klik Aja deh